Manajemen kelas adalah
segala usaha yang diarahkan untuk mewujudkan suasana belajar mengajar yang
efektif yang menyenangkan serta dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan
baik sesuai kemampuan.
Ø Tujuan
pembelajaran efektif:
·
Kognitif :
Yang tidak bisa menjadi bisa, perubahan pengetahuan
·
Afektif :
Menyukai sistem pembelajaran
·
Psikomotorik: Perubahan perilaku
Ø Hal-hal
yang berkaitan dengan manajemen kelas:
·
Membuat kelas sebagai tempat untuk
belajar.
·
Menciptakan suasana kelas yang kondusif
untuk terjadinya proses belajar mengajar.
·
Menciptakan proses belajar yang efektif
di dalam kelas.
·
Mengupayakan sarana-sarana yang membantu
prosesbelajar mengajar menjadi lebih efektif dan efisien.
·
Selalu berusaha agar siswa benar-benar
aktif belajar.
Ø Tujuan
Manajemen Kelas:
·
Mewujudkan situasi dan kondisi kelas,
baik sebagai lingkungan belajar maupun sebagai kelompok belajar yang
memungkinkan siswa untuk mengembangkan kemampuan semaksimal mungkin.
·
Menyediakan dan mengatur fasilitas serta
perabot yang mendukung dan memungkinkan siswa untuk belajar yang efektif.
·
Menghilangkan berbagai hambatan yang
dapat menghalangi terwujudnya intera belajar mengajar yang efektif.
·
Membina dan membimbng sesuai latar
belakang sosial, ekonomi, budaya, serta sifat-sifat individu.
Ø Tren
dalam Manajemen Kelas Lama:
·
Mengorientasikan siswa pada sikap pasif
dan patuh pada aturan-aturan yang ketat. Hal ini melemahkan siswa dalam
pembelajaran aktif.
·
Guru sebagai model pengatur.
·
Lebih menekankan pada penciptaan &
pengaplikasian.
·
Model permisif.
Ø Tren
dalam manajemen kelas Baru:
·
Fokus pada kebutuhan murid untuk
mengembangkan hubungan dan kesempatan untuk menata diri.
·
Menekankan pada bimbingan siswa murid
lebih disiplin.
Ø Kunci
dalam Manajemen Kelas di awal masa sekolah:
·
Menyampaikan aturan atau prosedur yang
guru gunakan kepada kelas dan mengajak siswa bekerja sama untuk mematuhi aturan
atau prosedur tersebut.
·
Mengajak siswa terlibat aktif di dalam
semua kegiatan pembelajaran yang ada.
Ø Dampak
Manajemen Kelas bagi guru:
·
Mengembangkan pengertian dan
keterampilan dalam memelihara penyajian dan langkah langkah pengajaran secara
tepat dan baik.
·
Memberikan respon secara efektif
terhadap tingkah laku siswa yang menimbulkan gangguan.
·
Memiliki kesadaran terhadap kebutuhan
siswa dan mengembangkan kompetensidi dalam memberikan pengarahanyang jelas
kepada siswa.
Ø Dampak
Manajemen Kelas bagi siswa:
·
Membantu siswa menampilkan tingkah laku
sesuai dengan tata tertib kelas dan merasakan teguran guru sebagai peringatan
bukan kemarahan.
·
Menimbulkan rasa kewajiban melibatkan
diri dalam tugas serta bertingkah laku sesuai dengan aktivitas kelas.
·
Mendorong siswa mengembangkan tanggung
jawab individu terhadap tingkah laku serta sadar dan mampu mengendalikannya.
Ø Strategi
dalam Manajemen Kelas:
·
Mendesain lingkungan fisik kelas untuk
pembelaaran yang optimal.
·
Menciptakan lingkungan yang positif
dalam proses belajar-mengajar.
·
Mengajak murid untuk bekerja sama.
·
Mengatasi problem secara efektif.
·
Membangun dan menegakkan aturan.
·
Menggunakan strategi komunikasi.
Ø Pendekatan
Operasional Manajemen Kelas
·
Pendekatan Intimidasi : Upaya guru untuk
menciptakan dan mempertahankan ketertiban suasana kelas melalui intimidasi.
·
Pendekatan Permisif : Manajamen kelas
untuk memaksimalkan kebebasan siswa.
·
Pendekatan Buku Masak : Seperangkat
kegiatan guru dengan mengikuti petunjuk atau cara yang telah dicontohkan untuk
menciptakan suasana kelas yang kondusif.
·
Pendekatan Instruksional : Kegiatan guru
untuk menciptakan suasana kelas yang efektif melalui perencanaan pembelajaran
yang bermutu dan dilaksanakan dengan baik.
·
Pengubahan Tingkah Laku : Pendekatan
yang dilakukan guru untuk mengembangkan tingkah laku peserta didik yang
diinginkan dengan mengurangi tingkah laku yang tidak diinginkan.
·
Pendekatan Penciptaan Iklim
Sosio-emosional : Setiap kegiatan yang dilakukan guru bertujuan untuk
mengembangkan hubungan interpersonal yang baik dan iklim sosio-emosional kelas
yang positif.
·
Pendekatan Sistem Sosial : Seperangkat
kegiatan guru untuk menumbuhkan dan memertahankan organisasi kelas yang
efektif.
0 komentar:
Posting Komentar